bookmark at folkd Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Monday, August 26, 2019

Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi. Bepergian ke daerah-daerah di Indonesia memang selalu bikin jatuh hati. Tapanuli Tengah dijuluki atau menjuluki dirinya sendiri sebagai negeri sejuta pesona karena keunikan alamnya. Di Tapanuli Tengah-Sibolga, kita akan menyaksikan bukit di sebelah kanan dan laut di sebelah kiri jalan raya. Karena itu, tempat ini tidak terlepas dari tempat-tempat wisata yang sayang kalau tidak dikunjungi. Kali aja, suatu saat kamu berkunjung ke Sumatera Utara, barangkali dapat jodoh atau pekerjaan di Sumut, sempatkan mampir ke Tapanuli Tengah dan datangi tempat-tempat berikut :)
Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi.
Romantic view - Pantai Kuta Mela, Sibolga

Sappuran Aek Porda Masundung

Sappuran Aek Porda atau air terjun Aek Porda terletak di Desa Masundung, Kecamatan Lumut. 
Tempat ini sangat unik. Tepat di air terjun tersebut terdapat sebuah batu mirip tempat duduk. Ada beberapa cerita bahwa tempat duduk itu dulunya digunakan oleh orang-orang untuk bertapa dan bersemedi. Waw, yang benar aja ya. Soalnya air di Sappuran ini sangat dingin walau di siang hari. Bertapa kan butuh waktu lama. Apakah si petapa mampu menahan dinginnya air?  Ah, entahlah. 

Btw, tempat ini baru ramai dikunjungi masyarakat setempat terutama anak muda dalam 5 tahun belakangan. Mungkin karena dulunya tempat ini masih dianggap mistis. Kemungkinan lain, keinginan masyarakat setempat untuk staycation  tidak ada. Alam dari hutan ini masih sangat asri dan alami. Tetapi untuk menjangkau tempat ini sangat mudah. Kamu bahkan bisa memarkir kendaraan roda dua di pinggir air terjun. Di sini juga ada beberapa lubuk yang bisa dimanfaatkan untuk belajar berenang, atau menghindari keramaian jika kamu memang ingin merenung sejenak di pinggir sungai dan menikmati dinginnya sungai.

sappuran aek porda masundung, air terjun tapabuli tengah, air terjun sibolga, Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi.
Sappuran (air terjun Aek Porda Masundung)

LPTK Santo Yusuf Mela, Sibolga


LPTK Santo Yusuf Mela, Sibolga terletak di jalan Barus KM 3,3 Mela- Sibolga. LPTK merupakan singkatan dari Lembaga Pembina Teknik Katolik yang secara khusus diperuntukkan untuk kelompok Katolik yang ingin melakukan retret. LPTK menyediakan tim yang akan memimpin retret, misa, dan ooutbond, juga lengkap dengan penginapan bagi yang berasal dari luar kota. 

LPTK Santu Yusuf didirikan diperbukitan. Unik sekali. Tempatnya asri penuh dengan pepohonan, lingkungannya tenang dan asri. Seandainya tempat ini menjual satu kamar sebagai hunian, mungkin aku akan ngutang untuk membelinya hehe. 

Tempat ini juga terbuka untuk wisata. Tentu tidak sebebas tempat wisata pada umumnya karena memang LPTK Santo yusuf didesain untuk tempat doa dan merenung.
Tempat Misa dengan arsitektur Rumah Bolon Rumah Khas Batak dan Gorga Batak, Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi.
Tempat Misa dengan arsitektur Rumah Bolon Rumah Khas Batak dan Gorga Batak

Pantai Kuta Mela, Sibolga


Pantai di Tapanuli Tengah sampai ke Kota Sibolga sebenarnya sangat banyak. Jika kita menelusur sampai ke Sor Sor Gadong lanjut ke daerah Barus, di sana juga banyak sekali pantai. Waktu saya SMA, sempat berjunjung ke beberapa pantai di sana. Pantai-pantai itu pula, saat itu belum ramai dan belum disentuh wisatawan. Tetapi sebelum jauh ke Barus, jangan sampai kalian melewati Panta Kuta Mela. 

Pantai ini tidak telalu luas. Tetapi terbilang unik karena berada tepat di bawah jalan raya. Tempatnya sangat instagramable karena Pantai Kuta Mela memiliki 'gundukan tanah' mirip tebing, akar-akar pohon beringin, dan sebuan pancuran air tawar yang dialirkan dari gunung serta batu-batu yang unik dijadikan objek foto. 
Pantai Kuta mela, sibolga, Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi.
Romantic view - Pantai Kuta Mela, Sibolga

Pantai Pandan


Pantai ini mungkin pantai yang sangat mainstream di Tapanuli Tengah. Selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di hari libur dan hari besar seperti 17 Agustus. Tempatnya sederhana memang, tetapi lokasinya sangat strategis di 'pusat kecamatan' Pandan. Di dekat pantai ini lah kantor-kantor pemerintahan Kecamatan Pandan berada juga sekolah-sekolah favorit di Tapanuli Tengah seperti Matauli dan Sekolah Fransiskus (SD,SMP,SMA). 

Pantai Pandan juga merupakan pintu masuk ke Pulau-pulau unik seperti Pulau Poncan dan Pulau Mursala yang  kerap menjadi perbincangan dan dianggap menjadi kejaiban dunia karena mengalirkan air terjun dari atas bukit. Pertanyaan orang-orang adalah: dari masa sumber mata airnya berasal? Aku, tentu saja tidak tahu jawabannya. Hehe.
pantai pandan tapanuli tengah, Tempat Wisata di Sibolga Tapanuli Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi.
Pose seru di Pantai Pandan Tapanuli Tengah


No comments:

Post a Comment