bookmark at folkd Tips Memilih Rumah Sakit di Kota Besar - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Wednesday, September 2, 2020

Tips Memilih Rumah Sakit di Kota Besar

Tips Memilih Rumah Sakit di Kota Besar. Rumah sakit merupakan tempat yang menyediakan pelayanan kesehatan. Rumah sakit sudah dikenal jauh sebelum Masehi, sejak zaman Mesir kuno sekitar 400 tahun SM. Mulanya rumah sakit memiliki konsep sebagai tempat yang tidak hanya mengobati pasien semata tetapi juga sebagai tempat yang mengajarkan pengobatan dan kesehatan. Namun pada saat ini, peran pengajaran dialihkan, atau lebih utama dikerjakan oleh perguruan tinggi. Meski begitu, rumah sakit masih menjadi tempat untuk mahasiswa calon-calon tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, perawat dan tenaga medis lainnya yang melalukan praktek kerja, magang, riset, koas, dan lainnya.

Tips memilih rumah sakit, rumah sakit jakarta

Berbeda rumah sakit berbeda pula kualitasnya. Tidak hanya dari segi sarana dan prasarana, tetapi juga sumber daya manusia yang bekerja atau mengabdi di rumah sakit tersebut. Rumah sakit di kota-kota besar seperti rumah sakit Jakarta atau kota besar lainnya tentu akan berbeda kualitas dengan rumah sakit di kota kecil. Meski pemerintah sudah membuat standar pendirian rumah sakit, tetap kita perlu mengetahui perbedaan kualitas rumah sakit tersebut.


Apalagi rumah sakit di kota besar yang tersedia banyak. Pastilah mereka saling ‘bersaing’ untuk berlomba-lomba memenuhi kualitas yang membuat nyaman dan memberikan pelayanan terbaik untuk para pasiennya. Karena itu, berikut ini beberapa tips memilih rumah sakit: 

Tipe Rumah Sakit

Peraturan menteri Kesehatan membagi rumah sakit ke dalam 5 kelas atau 5 tipe. Jadi jangan heran kalau fasilitas setiap rumah sakit berbeda dengan yang lainnya, karena memang beda-beda fungsinya. Pelayanan kesehatan rujukan tertinggi disebut rumah sakit tipe A memberikan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap mulai dari yang umum, sub spesialis hingga kedokteran spesialis oleh pihak pemerintah. Sedangkan rumah sakit tipe B memiliki dokter spesialis luas dan terbatas. Selanjutnya rumah sakit tipe C memberikan pelayanan hanya kedokteran subspesialis, namun sifatnya juga terbatas, misalnya saja pelayanan penyakit dalam, bedah, kesehatan anak, bida dan kandungan. 


Rumah sakit tipe D merupakan rumah sakit sementara atau transisi. Jika pasien dilihat membutuhkan pelayanan yang lebih tinggi, maka pihak rumah sakit akan merujuk pasien ke rumah sakit yang lebih tinggi kelasnya. 


Rumah sakit tipe E dikhususkan hanya memberikan pelayanan kesehatan khusus saja, atau hanya memberikan satu pelayana kesehatan saja. Misalnya rumah sakit khusus jantung. Rumah sakit khusus ibu dan anak, rumah sakit khusus kanker dan lainnya. Namun bukan berarti rumah sakit ini tidak berkualitas. Hanya saja memang pelayanannya dikhususkan pada pelayanan tertentu.


Khusus untuk daftar rumah sakit, beberapa situs kesehatan sudah sangat lengkap mengulas dan membuat list daftar rumah sakit beserta poliklinik dan sarana lainnya untuk memudahkan pengguna internet. Misalnya saja Halodoc. Situs ini secara lengkap membuat daftar rujukan rumah sakit berdasarkan kebutuhan pasien, lengkap dengan lokasi rumah sakit serta menyediakan registrasi online. Jadi pasien tidak perlu mengantri lama-lama di rumah sakit. Terutama pada saat pandemi covid saat ini. 

Selain daftar rumah sakit, berikut beberapa pelayanan di Halodoc yang bisa kita dapatkan:

  • Telusuri rumah sakit serta registrasi secara online, memungkinkan berobat menjadi lebih praktis dan hemat waktu. 
  • Membuat janji dengan dokter dan konsultasi secara online. Hal ini juga berlaku bagi penerima manfaat BPJS kesehatan dan pasien reguler.
  • Pasien dapat memesan obat sesuai dengan resep dokter melalui Halodoc dan akan diantar melalui jasa ojek online.
  • Informasi dan pengetahuan terkait obat beserta daftarnya dan informasi lainnya terkait kesehatan juga bisa didapatkan dari Haldoc. 

Testimoni dari Teman

Untuk penyakit tertentu, berapa dokter lebih ahli di rumah sakit A daripada rumah sakit B meskipun dengan tipe rumah sakit yang sama. Atau dari sisi teknologi, biaya dan lain sebagainya. Testimoni bisa didapat dari banyak tempat. Bisa mencari dari internet, grup-grup sosial media yang sedang membahas penyakit tertentu. Misalnya Komunitas Difabilitas, Forum ibu hamil, dan lain sebagainya. 

Jarak dari Rumah

Untuk penyakit yang membutuhkan penanganan yang segera atau sering, ada baiknya memilih rumah sakit yang paling dekat dengan rumah kita. Tentu tetap mempertimbangkan hal lainnya. Karena selain menghitung waktu yang kita habiskan untuk merawat satu penyakit tertentu, hal ini juga baik untuk menghemat biaya bolak-balik rumah sakit. Jadi cari beberapa alternatif rumah sakit yang paling dekat dari rumah dan sesuaikan fasilitasnya dengan kebutuhan kita. 

Biaya Rumah Sakit

Jika Anda merupakan penerima manfaat BPJS kesehatan, maka pastikan terlebih dahulu apakah pelayanan pada kesehatan yang dibutuhkan ada di rumah sakit yang dituju. Terutama untuk penyakit yang harus segera ditangani. Jangan sampai kita menyalahkan pihak rumah sakit, padahal memang pelayanan tersebut  tidak ada di rumah sakit tersebut. Pastikan juga rumah sakit tersebut menerima pasien BPJS. 

No comments:

Post a Comment