bookmark at folkd Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson : Sebuah perenungan - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Monday, August 13, 2018

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson : Sebuah perenungan

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson. Karena inilah fakta kehidupan. Tidak pernah ada yang namanya masa bodoh. Anda pasti mempedulikan sesuatu. Sisi biologis kita selalu peduli akan sesuatu, dan karena itu kita akan selalu mempedulikan sesuatu. Pertanyaan kemudian adalah: Apa yang kita pedulikan? Hal apa yang kita pilih? Dan bagaimana caranya agar kita bersikap masa bodoh terhadap hal yang memang tidak ada maknanya? Dalam Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodoh Amat, Mark Manson mencoba mengajari kita seni untuk mengabaikan hal-hal yang malah membuat kita gagal dan berhenti di tengah jalan#

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson
Sebuah Seni Untuk Bersikap bodoh Amat oleh Mark Manson
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Kepercayaan bahwa kita tidak sempurna itu memalukan, adalah sumber tumbuhnya Lingkaran setan yang mulai mengambil alih peradaban kita.
Dalam bahasa Kimia kita mengenal suatu indikator. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, indikoator berarti sesuatu yang memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan. Mahasiswa program studi Kimia sendiri, sangat tidak asing dnegan yang namanya indikator asam basa. Yakni sesuatu yang bisa menunjukkan bahwa suatu larutan itu adalah asam atau basa jiia mengalami perubahan warna tertentu. Apabila sebuah senyawa dicampurkan dengan senyawa lain, apakah dia menjadi asam atau menjadi basa, diketahui dengan indikator.
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Segala macam nasihat motivasional untuk menjadi pribadi yang positif atau yang menyenangkan yang selalu kita dengar - sebenarnya justru memberi penekanan pada kekurangan Anda.
Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson
Sebuah ekspresi untuk bersikap bodoh amat
Lalu, dalam bahasa sehari-hari, kita sering mendengan istilah 'indikator keberhasilan'. Tetapi meski mengandung kata 'indikator', ketika digabung dengan 'keberhasilan', maka artinya bukan lagi petunjuk, tetapi lebih bisa diartikan menjadi 'ukuran'. Indikator keberhasilan = ukuran keberhasilan. Inilah yang menurut saya lebih utama dibahas oleh Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodo Amat. Bagaimana kita sebagai manusia ditekankan oleh Mark Manson untuk membuat indikator keberhasilan kita adalah 'sudah mencoba' bukan 'sudah berhasil'. Kita harus bisa meneriakkan 'Bodoh Amat' pada asumsi, anggapan, perkiraan, terkaan kita pada ketakutan akan gagalnya usaha yang kita lakukan. 

Baca juga: Buku The Mortification Of Sin oleh John Owen

Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Tetapi sekarang? Jika saat ini merasa seperti 'tahi kerbau' bahkan untuk 5 menit saja, Anda akan dibombardir dengan 350 gambar orang-orang yang benar-benar gembira dan memiliki hidup yang sangat menyenangkan, dan mustahil bagi Anda untuk tidak merasa seolah-olah hidup Anda sungguh keliru 7 turunan. 
Jujur saja, kita sering sekali mengalami hal ini dan semua contoh yang menyebabkan asumsi gagal menakuti kita telah dipaparkan Mark Manson dalam Buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodo Amat. Ini merupakan pengalaman dia sendiri dan cerita orang-orang di sekitar Mark yang secara langsung atau tidak langsung diketahui oleh Mark. Tidak jauh-jauh, saya sendiri sering sekali tidak mengirim esay pada kegiatan-kegiatan kepemudaan baik di luar negeri atau dalam negeri karena saya pikir tidak akan menang. Kenapa saya beranggapan demikian? Karena mungkin saya tahu orang yang lebih hebat dari saya ikut mendaftar, atau saya tahu bahwa Kurikulum Vitae saya belum menyanggupi menag di kegiatan tersebut. 
Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson
Sebuah Seni untuk bersikap bodoh amat oleh Mark Manson
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Orang miskin menderita karena kemiskinannya. Orang yang tidak punya keluarga menderita karena mereka tidak punya keluarga. Orang yang mengejar kenikmatan duniawi menderita karena kenikmatan duniawinya. Orang yang tidak merasakan kenikmatan duniawi menderita karena tidak pernah merasakannya.

Baca Juga : bersama Untan Membangun Negeri

Saya berpikir 'saya tahu kemampuan saya. Kemungkinan besar saya tidak menang'. Padahal jelas-jelas yang saya ucapkan adalah 'kemungkinan besar' bukan 'pasti saya tidak menang'. Tetapi karena saya menetapkan indikator keberhasilan saya pada 'menang/ lulus/ jadi juara', maka saya tidak berani mendaftar dan mengirim esai untuk mengambil kemungkinan yang kecil untuk menang. Ini malah lebih parah dari 'kalah' karena seorang yang melarikan diri dari medan juang adalah pecundang sedangkan yang mati di peperangan adalah pahlawan. 
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Krisi kita bukan lagi soal materi; namun soal kesistensi, ranah spiritual. Kita punya begitu banyak barang dan peluang, sampai-sampai kita tidak tahu lagi apa yang bisa kita kerjakan saat ini.
Kita jelas mengetahui ini. Kita tahu siapa kita, dan kita menerimanya sepenuh hati, termasuk hal-hal yang sama sekali tidak membanggakan. Karena itu Mark Manson selalu menekankan untuk bersikap bodoh amat pada asumsi kita pada kalah karena kekurangan kita. Mari menetapkan 'indikator keberhasilan kita sebagai 'sudah mencoba' bukan 'sudah menang'. 
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat : Semakin mati-matian Anda ingin bahagiadan dicintai, Anda akan menjadi semakin kesepian karena merasa ketakutan. Terlepas berapa banyak orang di sekitar Anda. 
Hal-hal seperti ini lah yang dijelaskan Mark Manson, seorang blogger kenamaan dengan lebih dari 2 juta pembaca. Mark Manson kini tinggal di kota New York. Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat merupakan buku pertama Mark Manson.
Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson
Sebuah Seni Untuk Berdikap Bodo Amat oleh Mark Manson
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat :Upaya untuk menghidari penderitaan adalah penderitaan. Pengingkaran terhadap kegagalan adalah kegagalan. Usaha untuk menyembuhkan rasa malu adlaah bentuk rasa malu itu sendiri.

Identitas Buku
Judul : Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodo Amat - Pendekatan yang waras demi menjalani hidup yang lebih baik
Judul Asli: The Subtle Art of Not Giving A Fuck
Penulis: Mark Manson
Penerbit: PT Gramedia
Cetakan ke-2 pada Maret, 2018
Alih bahasa : F. Wicaksono
Juhlah halaman : 246
Penghargaan: Buku Terlaris versi New York Times dan Globe and Mail
Kutipan Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Untuk Bersifat Bodoh Amat :Mereka takut, tidak membiarkan siapapun mendekati mereka, sehingga mereka menampilkan sosok mereka sebagai manusia yang spesial, unik, dengan segudang masalah yang tidak mungkin dimengerti orang lain.

Baca juga: 10 Alasan kenapa Harus Membaca Buku  

No comments:

Post a Comment