bookmark at folkd Bersama Untan Membangun Negeri - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Tuesday, July 10, 2018

Bersama Untan Membangun Negeri

Bersama Untan Membangun Negeri Universitas Tanjungpura adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Letaknya strategis, berada di pusat kota dengan penanda Tugu Digulis yang berada di tengah-tengah bundaran, Jalan Ahmad Yani, sebagai  gerbang masuk Untan. Universitas Tanjungpura yang akrab disebut Untan saat ini memiliki sembilan fakultas, diantaranya Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), serta fakultas Kedokteran. Kesembilan fakultas tesebut memiliki 63 Program studi sarjana, 24 pasca sarjana. Tiga diantara program studi di Untan teakreditasi A, 48 Akreditasi B, dan 19 terakkreditasi C. Tidak hanya program sarjana, Universitas Tanjungpura juga memiliki program studi pasca sarjana bahkan Doktor.
Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri.  Universitas Tanjungpura Pontianak. Universitas terbaik pontianak.
Gedung rektorat Untan. Sumber: Dok Pribadi


Sekilas tentang Untan:

Universitas Tanjungpura sudah berdiri 59 tahun silam, sejak 20 Mei 1959. Awalnya berstatus swasta dengan nama  Universitas Daya Nasional, didirikan oleh sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional yang dikukuhkan pada 10 Maret 1959 berdasarkan akte Notaris Nomor 13 kantor Notaris (ws) Achmad Mourthada Pontianak. Universitas Daya Nasional dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak selanjutnya berubah menjadi Universitas Dwikora pada tanggal 14 September 1965. Saat ini Untan sudah meluluskan 58.061 orang mahasiwa, baik di tingkat sarjana, pasca sarjana atau doktoral. Dengan perbadingan staf pengajar dan mahasiswa adalah 2.059 : 31.720. Rektor Universitas Tanjungpura saat ini adalah Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA yang sudah menjabat sebagai rektor Untan selama dua periode.

Adapun Visi dan Misi Univesritas Tanjungpura dalam membangun negeri adalah sebagai berikut:

Visi Universitas Tanjungpura:

Pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi institusi preservasi dan pusat informasi dan ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat Daerah, Nasional, Regional, maupun Internasional.

Misi Universitas Tanjungpura:

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Unit Pendukung Visi Misi Untan:

1. Bersama Untan Membangun Negeri di Bidang Bahasa:

Universitas Tanjungpura memiliki UPT Bahasa Untan atau Unit Pelaksana Teknis Universitas Tanjungpura dalam bidang bahasa internasional dan bahasa asing. Ada beberapa training yang dilaksanakan UPT Bahasa yaitu Bahasa Korea, Jerman, Jepang dan Arab, yang terbuka untuk mahasiswa ataupun masyarakan umum. UPT bahasa Untan juga menanungi American Corner (Amcor), British Council Learning Center (BCLC), Kedai Perancis dan BIPA Yaitu Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing. UPT Bahasa dan partnernya terus mengadakan berbagai macam kegiatan yang bisa menunjang kemampuan di bidang berbahasa. Mulai dari talk show, meet the expert, camp, pemilihan duta bahasa Internasional dan lain sebagainya. Universitas Tanjungpura juga memiliki Pearson test of English academic (PTE) yang berfokus di kemampuan berbahasa Inggris dalam bidang akademik. 

Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri.  Universitas Tanjungpura Pontianak.
Gedung UPT Bahasa Untan. Sumber: Dok pribadi

2.  Bersama Untan Membangun Negeri Dalam Bidang Olah Raga:

Universitas Tanjungpura memiliki lapangan golf atau Golf Driving Range yang terletak di jalan Tanjung sari, atau di belakang Auditorium Universitas Tanjungpura. Bersebelahan dengan Gedung Olah Raga (GOR) untan dan lapangan sepak bola Untan. Untan juga memiliki POBU (Persatuan Bela Diri Olah Raga Untan). Bersama Untan membangun negeri melalui pendekatan olah raga menjadikan masyarakat sebagai jiwa yang sehat fisiknya.
Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri.  Universitas Tanjungpura Pontianak.
Lapangan sepak bola Untan. Sumber: Dok pribadi

Di bidang lainnya, mahasiswa dan para dosen Untan juga banyak mendapatkan prestasi baik secara regional, nasional dan internasional, di luar dan di dalam kampus. Baik di bidang lomba karya tulis, kompetisi robot, penelitian, hibah PKM, dan lain sebagainya. Bersama Untan membangun negeri melalui jalur pendidikan yang membawa kemajuan dalam segala aspek, termasuklah tehnologi, pertanian, sains, sosial, dan semua aspek kehidupan manusia.

Universitas Tanjungpura sebagai pusat sumber ilmu pengetahuan di Kalimantan Barat juga mengabdi kepada masyarakat dengan mengadakan berbagai kerjasama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan seperti kerjasama fakultas kehutana Untan dengan yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) dengan PT Hutan Ketapang Industri (HKI) dalam bidang konservasi hutan dan pencegahan ilegal loging atau penjualan kayu hutan secara ilegal. Masih banyak lagi kerja sama yang dilakukan untan dengan organisasi di luar kampus, baik secara langsung dengan dosen-dosen Untan maupun dengan mahasiswa melalui berbagai pengabdian masyarakat yang dilakukan lewat kompetisi Program Kreativitas Masyarakat lima bidang dari Dikti. 

Universitas Tanjungpura menjadi tujuan utama siswa dan siswi pelajar SMA-sederajat se-Kalimantan Barat yang terdiri dari 12 kabupaten dan dua kota untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Universitas Tanjungpura juga terbuka untuk siswa/i SMA-sederajat dari provinsi lainnya seluruh Indonesia yang berniat mengadu nasib di tanah perantauan, tanah Kalbar. Melalui jalur penerimaan mahasiswa baru secara nasional, baik itu tertulis atau jalur undangan maupun melalui jalur mandiri.

Untuk itu, Untan selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas, baik dari tenaga pendidik dan sarana prasarana penunjang perkuliahan di kampus yang berkoordinasi dengan masing-masing fakultas. Terbukti Universitas Tanjungpura masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik non-politeknik tahun 2017 menurut Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti) yang dinilai dari empat komponen yaitu Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Bersama Untan Membangun negeri bukan hanya Indonesia, tetapi Bersama Untan membangun dunia. Semua hal yang berkaitan dengan Universitas Tanjungpura dapat kamu dapatkan di website Universitas Tanjungpura Pontianak. Mulai dari penerimaan mahasiswa baru, profil fakultas dan juruan serta para dosen, prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa Untan, hingga kelulusan mahasiswa Universitas Tanjungpura. 

Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri. Bersama Untan Membangun Negeri.  Universitas Tanjungpura Pontianak.
Gambar Lambang Univesitas Tanjungpura.

6 comments:

  1. Trimakasih informasinya, semoga bermanfaat bagi banyak orang. Sukses selalu Nings🙏

    ReplyDelete
  2. Untan makin maju dan tidak kalah dengan Universitas-universitas yang berada di Jawa.

    ReplyDelete
  3. UNTAN memang wajib diacungi jempol, bukan hanya melahirkan mahasiswa berprestasi, namun juga UNTAN termasuk salah satu universitas terbaik di kalimantan, marilah bersama untan membangun negeri menjadi lebih berkualitas!

    ReplyDelete
  4. Wah keren kak reviewnya tentang bersama UNTAN membangun negeri. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online atau metode belajar online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  5. semoga universitas tanjungpura semakin jaya dan kuat bersama untan membangun negeri menjadi lebih berkualitas dan menjadikan semua mahasiswa untan memiliki prestasi yang dapat membawa nama harum indonesia.

    ReplyDelete
  6. semoga dengan adana UNTAN ini memberikan dampak ang baik untuk bisa memajukan pendidikan di indonesia

    ReplyDelete