bookmark at folkd 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Festival Cap Go Meh Singkawang Tahun Depan - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Monday, February 25, 2019

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Festival Cap Go Meh Singkawang Tahun Depan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Festival Cap Go Meh Singkawang Tahun Depan. Mungkin kalian sudah tidak asing dengan nama kota Singkawang. Pada tahun 2018 lalu Singkawang banyak dibicarakan karena dijuluki sebagai kota paling toleran di Indonesia. Di mana letak kota ini? Singkawang terletak di provinsi Kalimantan Barat. Kalbar sendiri hanya memiliki dua kota yaitu Pontianak dan Singkawang yang hanya berjarak sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Pontianak. Selain dikenal sebagai kota paling toleran secara nasional, Singkawang juga dikenal sebagai kota amoy dan kota naga karena meriahnya perayaan festival Gap Go Meh. Berikut 5 alasan kenapa Februari tahun depan kamu harus datang ke Singkawang:
festival cap go meh singkawang, kota singkawang, pariwisata singkawang, wisata singkawang, amoy singkawang
Kostum Tatung Cap Go Meh Singkawang yang keren. Photo by Blogsteguh
Perayaan Festival Gam Go Meh diadakan Setiap tahun pada bulan Februari, yaitu hari ke-15 setelah imlek. Oleh masyarakat Tionghoa, Cap Go Meh dipercaya bisa menangkal gangguan dan kesialan di masa-masa mendatang selama setahun dan akan kembali diadakan pada tahun berikutnya dan seterusnya. 

Bisa melihat tatung. Tatung adalah orang yang dirasuki oleh roh halus dan kebal terhadap benda-benda tajam dalam festival Cap Go Meh. Tatung bisa diperenkan oleh perempuan maupun laki-laki. Menjadi tatung ada batasan usia dan tentu tidak diperbolehkan untuk anak-anak. Tatung yang paling mudah tahun ini berusia 16 tahun. Mengapa tatung menarik? Karena mereka akan mengadakan berbagai atraksi dengan kostum yang menarik perhatian. Ada juga atraksi sadisme seperti menggigit beberapa hewan dengan mulut sampai hewan tersebut mati. Hewan yang biasa digunakan dalam atraksi adalah ayam.
festival cap go meh singkawang, kota singkawang, pariwisata singkawang, wisata singkawang, amoy singkawang
Seorang tatung membawa ular, photo by:  Blogsteguh


Sadisme yang lainnya adalah tatung akan melukai diri mereka sendiri seperti memasukkan benda tajam dari mulut menembus pipi. Kita juga akan melihat tatung berdiri atau duduk di atas parang/ belati/ paku tajam dan benda-benda tajam lainnya. Meski adegan ini terlihat ngeri, mereka yang memerankan tatung mengaku tidak merasakan sakit karena dalam keadaan sedang dirasuki roh. 
Travel Quote by Dalai Lama: Once a year go some place you've never beed before. Belum pernah ke Singkawang, kan? Tahun depan segera ke Singkawang.
Bertemu Wisatawan Mancanegara. Percaya kah kalian jika Cap Go Meh Singkawang ini sangat menarik bahkan sampai ke telinga para wisatawan mancanegara. Pada tahun 2019 ini, tatung tidak hanya diperankan oleh warga lokal, tetapi juga dari luar negeri. Saking meriahnya, penginapan di Singkawang penuh setiap perayaan Cap Go Meh. Jadi, untuk menghadiri Festival ini, kamu benar-benar harus mempersiapkannya sejak lama terutama untuk yang berasal dari luar Kalbar. Bertemu banyak orang juga berarti Anda mungkin akan menemukan banyak relasi. Siapa tahu juga bertemu jodoh.
festival cap go meh singkawang, kota singkawang, pariwisata singkawang, wisata singkawang, amoy singkawang
Tatung yang dirasuki roh tidak merasakan sakit ketika benda tajam menembus mulut dan pipinya, photo by : Blogsteguh


Hunting Foto.  Festival Cap Go Meh Singkawangsangat instagramabel dan selalu menarik untuk diabadikan khususnya bagi mereka foto hunter. Selain tatung, ada banyak sekali atraksi lainnya seperti tarian naga dan Barongsai. Malam hari kita akan merasakan suasana romantis karena kehadiran lampion-lamion di sepanjang jalan kota Singkawang. Kemeriahan kembang api dan petasan juga menambah rasa antusiasme kita pada festival ini. 

festival cap go meh singkawang, kota singkawang, pariwisata singkawang, wisata singkawang, amoy singkawang
Salah satu atraksi sadisme yang membutuhkan nyali yang besar untuk memontonya, photo by: Blogsteguh

Eksplore Kota Singkawang. Jika kamu berasal dari luar Kalimantan Barat, mendatangi kota Singkawang saat Festival Cap Go Meh juga bisa 'untung banyak'. Karena Kota Singkawang memiliki banyak sekali tempat wisata yang siap untuk dieksplore. Misalnya pantai Pasir Panjang, taman gunung sari, berwisata sejarah ke Rumah Keluarga Tjia (dibaca: Cia), beberapa air terjun seperti air terjun Sibohe dan Eria, mengunjungi Rindu Alam, Danau Biru, hingga berwisata kuliner ke pasar Hongkong untuk menikmati berbagai jenis makanan khas tradisional Tionghoa Singkawang seperti Choipan dan masih banyak lagi. Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air. Luangkan waktu lebih banyak di untuk stay dan eksplore Wisata Kota Singkawang untuk melihat berbagai macam jenis wisatanya.

1 comment: