bookmark at folkd INTO THE WILD Movie: Kebahagiaan Itu Nyata Apabila Dibagi - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Monday, August 28, 2017

INTO THE WILD Movie: Kebahagiaan Itu Nyata Apabila Dibagi

INTO THE WILD Movie: Kebahagiaan itu nyata apabila dibagi. Happiness is real when shared. Christophe McCandless menulis kalimat tersebut di detik-detik terakhir dia hidup. Di hutan belantara Alaska, seorang diri. Hanya bertemankan buku-buku sastra dan buku-buku panduan bertahan hidup di hutan. Chris seorang yang patah hati terhadap hidup. Dia memiliki orangtua yang pintar. Pintar dalam mencari uang dan pintar pula dalam pendidikan. Gen ‘pintar’ ini pula diturunkan kepada Chris. Dia lulus dengan nilai rata-rata A jurusan hukum dari Universitas Emory, dan Chris berkata pada orangtuanya bahwa dia berniat melanjutkan pendidikan ke Harvard. Tetapi keinginan itu hanya pengalihan. Segera setelah Chris lulus, dia menyumbangkan $ 20.000 tabungannya untuk kepentingan amal. Kemudian Chris menjelajahi dunia dengan berjalan kaki dan menumpang.

Untuk semua anak korban Broken Home, barangkali cara Chris boleh kita tiru. Tulisan ini dipersembahkan kepada semua anak-anak patah hati, karena memiliki keluarga broken home.

Apa yang saya lihat dalam film Into The Wild?

1.     Chris adalah Everyone’s Favorite.

Semua orang dalam keluarganya mencintai Chris. Adik perempuannya mengaku sempat kecewa karena dia merasa Chris tidak membutuhkannya. Padahal di dalam rumah, hanya dia yang mengerti Chris. Chris tidak pernah mengirimkan surat padanya atau menelepon saat Chris pergi dari rumah. Inilah yang sempat membuat dia kecewa. Manusia memang selalu ingin merasa dibutuhkan, bukan? Apalagi oleh seseorang yang kita cintai. Membuatku terpikir akan dua hukum utama yang pernah disebutkan Yesus, “Kasihilah Tuhan Allahmu..”. Masak sih Tuhan butuh dikasihi? Jika kalimat ini bisa kujelaskan sedikit, mungkin beginilah posisi Tuhan dan manusia. Karena Tuhan amat mencintai manusia, maka Tuhan selalu ingin dibutuhkan manusia.

Bukan hanya adiknya. Chris juga dikasihi oleh kedua orangtuanya. Kepergian Chris membuat mereka semakin dekat dengan Tuhan. Mereka jadi kembali rajin ke gereja. Tidak lagi sering bertengkar. Semakin banyak merenung kenapa Chris pergi. Mereka SANGAT menginginkan Chris pulang. Mereka menyesal telah menjadi sumber patah hati Chris. Aku pun akan berharap, semoga semua orangtua sumber patah hati anak-anak akan bertobat seperti orangtua Chris. Jangan tunggu anak-anak kalian minggat dari rumah, memakai narkoba, sex bebas, belajar ilmu hitam, jadi kriminal, barulah kalian sadar dan bertobat. Tolonglah!

Bukan hanya keluarganya. Tetapi semua orang yang dia temui di jalan mengasihi Chris. Pak tua, si pensiunan tentara yang tidak sempat mengadopsi Chris sebab Chris terlanjut mati. Sepasang kekasih Hippie, Rainey dan Jan, dan gadis 16 tahun. Petani gandum yang ditanggkap polisi. Mereka-mereka inilah yang membuat Chris sadar bahwa kebahagiaan itu nyata adanya apabila dibagi. Tidak ada manusia yang bahagia dengan sendirian. Padahal sebelumnya Chris pernah mengatakan kalau happiness is not come from human relationship. Kebahagiaan tidak datang dari hubungan antar manusia.
Barangkali kalau kita terperangkap di sebuah hutan dan memiliki hewan peliharaan seperti anjing, mungkin kebahagiaan bisa tercipta?

2Chris adalah produk karya Sastra.

Menurut adiknya, yang menjadi si pencerita dalam film ini, salah satu buku sastra pavorit Chris adalah karya Tolstoy. Aku belum pernah buku karya penulis ini. Semoga nanti aku dan kalian (yang belum baca juga) memiliki kesempatan membaca buku ini. Tetapi aku sedikit paham, bagaimana seseorang yang hidupnya tidak pernah tersentuh karya sastra sama sekali dan orang-orang yang merenungkan karya sastra melebihi kitab suci. Bagaimana mereka bertindak dan berpikir. Bagaimana mereka memandang dunia ini. Orang-orang yang berkutat dengan buku-buku sastra seperti Chris merasa dirinya independen, mampu mengandalkan diri sendiri. Skeptis pada banyak hal dan di sisi lain, jatuh cinta setengah mati pada hal-hal lain. Memiliki prinsip hidup yang menurut orang lain terlalu kompleks, ribet, tidak seharusnya dipikirkan oleh pemuda seumurannya.

3.Chris tidak menyesal tetapi dia bertobat.

Sang sutradara sepertinya ingin menunjukkan pada kita bahwa di detik-detik terakhir hidupnya, Chris mengalami pertobatan. Kita bisa melihat ketika Chris menengadah ke langit, dia melihat cahaya dan kemudian dia mengingat Pak Tua, mantan tentara itu. Yang mengatakan, Tuhan akan menunjukkan cahaya-Nya. Melihat matahari tepat di atas kepalanya, dia mengingat Tuhan sekaligus mengingat kedua orangtuanya. “Bagaimana jika aku datang, apakah kalian akan memelukku?”

4   Chris adalah anak haram

Bagaimana menurut kalian jika suatu saat kalian tahu kalau kalian ternyata adalah anak haram? Suatu kali Chris singgah di California dan bertemu teman lama. Singkat cerita ternyata dia mengetahui kalau sebelum menikahi ibunya, ayahnya telah menikah dengan seorang perempuan dan memiliki anak laki-laki. Ibunya adalah istri kedua. Yang saat itu lebih tepat dikatakan istri tidak sah. Jadi, Chris dan adiknya dalah anak haram. Paling menyedihkan bagi Chris, ayahnya tidak mengakui kalau mereka punya saudara laki-laki. Barangkali ayahnya pun tidak membiayai ‘abang’ tiri mereka itu.
Chris sekolah hukum dan dalam skripsinya dia membahas tentang hak asasi manusia. Bagaimana rasanya seseorang yang berkoar-koar tentang HAM, ternyata adalah pelaku ketidak adilan. Di sini Chris merasa bahwa dia dan adiknya adalah alasan kenapa ayahnya tidak adil pada ‘abang’ tiri mereka itu. Chris makin patah hati, sepatah-patahnya. Yang ingin dilakukannya saat itu adalah pergi, semakin jauh semakin baik. Kehidupannya, baginya adalah kepalsuan.

5      Seandainya Chris bukan pembaca karya sastra?

Di sini aku hanya bisa menebak atau mengada-ada. Terlepas dari sifat Chris yang keras pada dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya, saya yakin Chris tidak akan lebih baik apabila dia bukan seorang pembaca. Seperti yang aku tulis di atas, dari penggambaran sang sutradara, aku yakin kalau Chris telah bertobat. Apabila dia mendapatkan mukjizat, diberi Tuhan hidup lebih lama, saya yakin Chris akan pulang menemui orangtuanya terlebih dahulu. Kemudian menemui kakek tua dan bersedia menjadi cucu adopsinya, dan menjadi penerus keturunan si kakek. Kemudia menemui si petani yang dipenjara lalu pasangan Hippie, Rainey dan Jan. Tetapi itu tidak terjadi. Dalam angannya, detik-detik terakhir dia bernafas dan boleh berangan-angan, Chris mungkin sudah melakukan semuanya.

6.       Happiness is real when shared
Apa hebatnya kalimat ini? Kalimat ini adalah salah satu bentuk kesadaran Chris. Sebelum dia benar-benar sekarat, dia masih sempat memaki diri sendiri karena tidak teliti membaca buku yang memuat informasi tentang tumbuhan hutan. Dia memakan kentang liar yang ternyata beracun. Ketika dia sekarat, yang dia pikirkan bukan lagi dirinya sendiri. Tetapi cahaya di langit dan orang-orang yang mengasihi dia. Saat itulah kalimat ini hadir dalam hati kecilnya. “Kebahagiaan nyata ketika dibagi.”
Di saat-saat terakhir hidupnya, barangkali Chris mengenang bagaimana bau tubuh ayah dan ibunya. Bagaimana rasanya dipeluk, dan berlari menghampiri orang-orang yang mengasihi kita.

Btw, kalau ingin meniru Chris, harus pikir matang-matang how to survive, ya. Jangan nyemplung ke kolam sedalam lima meter kalau tak tahu berenang. Chris melakukan semuanya karena dia telah mengukur dirinya sendiri terlebih dahulu. Dia pergi bukan untuk bunuh diri.

Semoga kita bukan orang-orang yang menyesali perbuatan kita. Tetapi menjadi pribadi yang berani menyatakan pertobatan akan semua keburukan di masa lalu. Into The Wild Movie adalah film bagus.

Related Post:

No comments:

Post a Comment