bookmark at folkd Pertolongan Pertama Saat Vertigo - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Sunday, December 29, 2019

Pertolongan Pertama Saat Vertigo

Pertolongan Pertama Saat Vertigo. Vertigo adalah sakit kepala yang menyebabkan sensasi berputar dan membuat penderitanya merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Bagi para penderita vertigo, sangat berbahaya apabila vertigo terjadi di saat yang kurang tepat, seperti saat mengendarai kendaraan karena penglihatan dan konsentrasi akan tidak fokus dan buyar. Jadi,  pada saat vertigo menyerang Anda di jalan, sebaiknya tepikan kendaraan terlebih dulu untuk menghindari kecelakaan.

pertolongan pertama saat vertigo, cara mengatasi vertigo, vertigo adalah
Vertigo bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja

Lebih lanjut, Anda bisa mengecek beberapa website yang akan membantu Anda menangani masalah vertigo. Misalnya oleh Guesehat di https://www.guesehat.com/apa-saja-sih-gejala-vertigo-dan-bagaimana-cara-mengatasinya. 

Langkah – langkah yang harus dilakukan apabila Anda terserang vertigo:

1. Duduk atau Berbaring
Langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah duduk atau berbaring. Duduk secara perlahan dan jangan terlalu cepat bangkit dari posisi, tunggu sampai gejala sudah reda atau hilang.

2. Posisi duduk dengan mengangkat kaki
Lakukan posisi duduk sambil mengangkat kaki ke arah kepala Anda, posisi ini berfungsi untuk melancarkan darah ke otak. Setelah itu, Anda bisa berdiri secara perlahan apabila gejala sudah reda.

3. Gerakkan kepala secara perlahan
Menggerakkan kepala dengan di geleng-gelengkan secara perlahan, karena gejala ini akan menimbulkan pergerakan posisi secara mendadak yang akan mengganggu ekuilibrium telinga Anda.

4. Segera jongkok dan menundukkan kepala
Saat vertigo menyerang dan anda sedang di keramaian, sebaiknya Anda segera berjongkok atau menundukkan kepala. Setelah itu, tarik napas dalam – dalam agar tubuh lebih rileks dan tidak panik.

5. Perbanyak konsumsi minuman
Salah satu faktor penyebab munculnya gejala vertigo adalah dehidrasi, oleh karena itu sebaiknya perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

6. Mencari tempat yang gelap
Hindari tempat yang terlalu terang, karena ketika vertigo terjadi mata anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Karena cahaya yang terang dapat membuat penderita vertigo pusing.

Langkah – langkah tersebut bisa menjadi penanganan pertama apabila mengalami vertigo, anda juga bisa mengunjungi blog kesehatan untuk mendapat info lebih lengkap, atau konsultasi ke dokter apabila penyakit vertigo yang anda rasakan tidak kunjung sembuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, dan dapat mengurangi gejala yang terjadi.

No comments:

Post a Comment