bookmark at folkd Chanel Youtube Rekomendasi yang Perlu Kita Tonton - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Friday, October 12, 2018

Chanel Youtube Rekomendasi yang Perlu Kita Tonton

Chanel Youtube Rekomendasi yang Perlu Kita Tonton. Ada sebuah kalimat yang terkenal tentang buku, yaitu: So many books, so little time. Artinya, begitu banyak buku, tetapi waktu sangat terbatas. Tidak mungkin kita bisa membaca semuanya untuk menjadi 'cerdas'. Karena itu, Montimer Adler dalam bukunya How To Read a Book menuliskan 200 judul buku rekomendasi yang perlu kita baca. 

Aku pikir, sama halnya dengan youtube. Kita perlu memilah video apa saja yang pelu kita tonton. Apalagi banyak sekali channel Youtube yang sekedar hanya menghibur, sekedar pamer-pamer dan menunjukkan hura-hura. Kupikir aku sebagai penikmat youtube perlu membagi, channel mana saja yang sering aku tongkrongi dan menurutku channel ini perlu juga ditongkrongi oleh orang lain. 

Youtube harus kita pakai untuk menimba ilmu selain untuk hiburan semata. Ini dia daftar channel youtube yang perlu kita tonton menurut ningspara.com: 

1. Geolive ID



Geolive ID merupakan channel youtube milik geotimes.co.id dan memiliki host seorang mahasiswa UI bernama Cania Citta Irlanie (udah lulus apa belum, kurang tahu). Cania mengaku dirinya seorang libertarian. Istilah libertarian baru di telingaku, tetapi udah dikepoin dan cukup menarik dipelajari. 

Geolive ID ini, menurutku sangat penting karena membahas 'bagaimana seharusnya kita berpikir' atau 'memikirkan masalah' yang menuju pada pemecahannya. Menumbuhkan premis-premis, menarik kesimpulan, memberi opini yang benar, pokoknya hal-hal yang berkaitan dengan pikiran manusia. 

Misalnya, salah satu episodenya membahas sekaligus membantah pernyataan Deddy Cobuzier yang menyatakan bahwa sekolah atau pendidikan tidak perlu. Juga pernyataan Deddy yang menyatakan bahwa rokok tidak bahaya malah menyembuhkan, tentang Zakir Naik, HAM, politik, dan masih bannyak hal lainnya. Geolive ID merupakan rekomendasi pertamaku. Apalagi kita hidup di zaman sosial media. Kita butuh pengetahuan bagaimana caranya melindungi diri dan berpikir kritis.

2. TED Talk



TED talk merupakan konferensi yang dilakukan di seluruh dunia. Di mana pembicara dipanggil ke depan untuk berbagi apa yang mereka kerjakan, alami, pikirkan. Berbagi ide (sharing ideas) untuk menginspirasi banyak orang adalah tujuan utama TED talk. Bukan hanya ide yang dibagi. Tetapi orang-orang yang berpengalaman sakit dan bangkit dari keterpurukan juga menjadi pembicara di TED. Enaknya, TED hampir membicarakan semua hal. Bisnis, relawan, sekolah, blogger, traveling, ham, LGBT, membaca, semuanya ada di TED dan hampir membicarakan dari seluruh dunia. Di Indonesia, TED talk yang pernah kutonton itu seri Sujiwo Tedjo (membicarakan Matematika Cinta) dan Ridwan Kamil (membicarakan kota Bandung). 

3. Mata Najwa


Siapa yang tidak tahu Mata Najwa? Setelah keluar dari Metro TV, Mata Najwa sekarang punya channel youtube sendiri, yang legal, bekerja sama dengan Narasi TV.  Mata Najwa membahas hal-hal yang sedang populer di Indonesia. Mulai dari politik, bola, Asian Games, teroris, korupsi, dan hal lainnya. 

4. Hotman Paris Show



Sederhana. Aku suka nonton Hotman Paris Show karena tamu-tamunya hampir semuanya perempuan. Baik mereka yang bermasalah maupun yang berprestasi. Perempuan yang bermasalah karena perceraian sekaligus membahas tentang harta gono gini dari segi hukum. Banyak juga perempuan yang diundang karena prestasi, umumnya prestasi di bagian kecantikan dan kemewahan (karena mereka kaya, dan bagaimana mereka kaya). Keren aja kalau kita tahu ternyata banyak perempuan mandiri yang kaya-kaya, juga melihat kekuatan perempuan-perempuan yang cerai, agar kita sadar kalau hal terburuk bisa terjadi pada perempuan manapun di dunia. Do i sound like feminist? wkwk. 

5. Boardly dan Vice


Aku juga cukup sering nongkrong di dua channel youtube ini. Menambah pengetahuan kita tentang hal-hal aneh dari dunia internasional maupun nasional. Misalnya, Boardly pernah berkunjung ke sekte Feminis Islam di Turki. Ini video pertama yang bikin aku kepo ke channel ini. Ada juga sih yang bagiku ngk menrik, tetapi yang dibahas memang agak aneh-aneh dan kita bisa bilang 'wow, ternyata dunia memang ngk hanya kamarku yang ukurannya 3x4 meter.

Vice pernah menunjukkan wawancara hasil kunjungan ke Kuil Luc*fer di Kolombia. Ngeri kan ya. Pemiliknya mengaku keturunan Luc*fer. (Sori aku kasi * karena ngeri aja nulis nama itu di blog ini, wkwkw). Video dari Vice Indonesia yang cukup menarik adalah tentang Poligami. Ketik aja di youtube pasti ketemu. 

Oya, selain untuk pengetahuan, aku manfaatkan Boardly dan Vice untuk belajar bahasa juga.



Channel Youtube lainnya yang suka aku tongkrongi adalah lirik-lirik lagu, channel untuk belajar bahasa Inggris seperti Engvid, juga channel poscast 

Kalau kalian punya channel youtube favorit yang penting dan kalian rasa perlu untuk menambah pengetahuan, segera komentar di bawah. Mana tau kita jadi subscriber di channel youtube yang sama. 

7 comments:

  1. Saiik 👍 , bahasa nya mudah dipahami dan tata cara penulisan nya (walaupun aku jga masih blajar hehe) membuat nya menjadi menarik utk di baca ,, sukses terus kak ningsih 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, channel youtube apa yang sering kamu tonton? Bagi yok.

      Delete
  2. Info yang kayak gini nih perlu banget dibaca karena selain untuk mengetahui informasi yang ada, juga menambah pengetahuan kita. Terimakasih mbak Nings.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya channel youtube rekomendasi juga?
      Silahkan dibagi, Kak.
      Mana tau bermanfaat bagi banyak orang.

      Delete
  3. Terimakasih banyak infonya mbak Nings.
    https://youtu.be/uIsW74sNpIw

    ReplyDelete
  4. Ada mbak Nings ini
    https://youtu.be/AI5WJtvm9dQ

    ReplyDelete
  5. Waw amazing, informasi sangat bermanfaat

    ReplyDelete