bookmark at folkd Universitas Tanjungpura mengundang Soesilo Toer Ke Pontianak - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Sunday, April 15, 2018

Universitas Tanjungpura mengundang Soesilo Toer Ke Pontianak

Universitas Tanjungpura mengundang Soesilo Toer ke Pontianak.  Soesilo Toer adalah anak ke-tujuh pasangan Mastoer dan Siti Saidah. Dia lahir di Blora, Jawa Tengan, 17 Februari 1937. Sejak usia 13 tahun Susilo Toer sudah menulis segala macam tulisan, dari cerpen sampai novel. Beberapa buku karyanya adalah: Pram dan Seks, Pram dan Seks 2, Pram dan Seks 3, Pram dari Dalam yang terbit tahun 2003, Pram dalam Kelambu (2015), Pram dalam Bubu (2015), yang diterbitkan oleh Pataba Press. Bukunya yang lain adalah Pram dalam Belenggu, Pram dalam Tungku, Indra Tualang alias Doktor Kopi, Anak Bungsu, Serigala, Kopromi, Dunia Samin I, Dunia Samin II, Dunia Samin III, dan buku-buku Soesilo Toer lainnya.
Soesilo Toer Akan Ke Pontianak. Soesilo Toer. Soesilo Toer adik dari Pramoedya Ananta Toer. Soesilo Toer penulis Komponis Kecil.
Soesilo Toer Akan Ke Pontianak

Soesilo Toer memulai pendidikan dasar di Blora. Kemudian melanjutkan sekolah ke Jakarta dan Bogor sampai tingkat Diploma. Susilo Toer melanjutkan pendidikan tingkat master di Universitas Patrice Lumumba dan mendapatkan gelar doktor di Institut Plekhanov Uni Soviet (Sekarang Rusia) di bidang politik dan ekonomi. Dia menulis disertai kritik terhadap Marxisme sekaligus Kapitalisme, dengan mengajukan alternatif jalan ketiga: Kearifan lokal. 

Setelah keluar dari tahanan orde baru, tanpa pengadilan dan pembuktian atas kesalahannya, dia hidup dan bekerja secara serabutan di Jakarta dan kemudian bekasi, Jawa Barat. Setelah rumah dan warungnya digusur, sejak 2004 hingga kini dia tinggal di kota kelahirannya, mendirikan dan mengelola Perpustakaan Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa (Pataba) di rumah warisan keluarga besar Mastoer, Jalan Pramoedya Ananta Toer (eks jalan Sumbawa) Nomor 40 Jetis, Blora, bersama istrinya: Suratiyem, dan anak semata wayangnya: Benee Santoso.

Dia menanami pekarangan rumah seluas sekitar 3.000 meter persegi dengan pohon jati dan segala tanaman yang menghasilkan untuk menghidupi keluarga. Soesilo Toer juga memelihara kambing serta menjadi pemulung segala apa yang bisa ditemukan. 

(Tentang Soesilo Toer diambil dari sampul belakang bukunya yang berjudul Komponis Kecil, terbitan Pataba Press).
Soesilo Toer Akan Ke Pontianak. Komponis kecil ditulis oleh Soesilo Toer adik Pramoedya Ananta Toer
Komponis Kecil oleh Soesilo Toer


Lembaga Pers Mahasiswa Mimbar Untan akan mengundang Soesilo Toer  ke Pontianak pada Sabtu, 28 April 2018. Pukul 13.00-15.30 WIB di gedung POBU Universitas Tanjungpura Pontianak. Kabar buruknya, kuota kegiatan ini terbatas, tetapi kabar baiknya, kegiatan ini terbuka untuk umum. Jadi, segera mendaftar agar tidak kehabisan tiket. Harga tiketnya hanya Rp.10.000 saja. Fasilitas peserta: Sertifikat, Ilmu yang bermanfaat, snack, doorprize.

Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Tanjungpura menganggap bahwa Literasi merupakan suatu konsep yang kompleks, dinamis, mampu berkembang lewat gagasan dan ide kreatif. Saat ini, berbicara tentang literasi bukan lagi hanya sebatas membaca dan menulis. Gagasan, potensi, dan keterampilan dapat diekspresikan lewat visual. Namun demikian, semagat literasi khususnya membaca harus terus dibangun serta diteguhkan. 

Baca juga: Bersama Untan Membangun Negeri.

Karena itu LPM Universitas Tanjungpura akan menyelenggarakan talkshow atau bincang-bincang bersama penulis dan inspirator Soesilo Toer, yang sudah memulai karir kepenulisan sejak tahun 1952. Kegiatan ini mengusung tema "Meneguhkan Semangat Literasi di Era Digital" dan merupakan rangkaian agenda kegiatan dari Untan Book Fair

Narahubung informasi pendaftaran : 085787215252 (Sartika)
Soesilo Toer Akan Ke Pontianak. Rangkaian Kegiatan Untan Book Fair. Soesilo Toer. Talkshow bersama Soesilo Toer, adik Pramoedya Ananta Toer
Rangkaian Kegiatan Untan Bookfair

No comments:

Post a Comment