bookmark at folkd Semangat Kampung Berseri Astra Pontianak - Ningspara

Breaking

Informasi, resensi, review buku-buku dan Produk Lainnya & Tempat membaca cerpen

Pages

Wednesday, November 21, 2018

Semangat Kampung Berseri Astra Pontianak

Semangat Kampung Berseri Astra Pontianak. Kampung Berseri Astra atau KBA adalah sebuah program Kontribusi Sosial Berkelanjutan oleh Astra Indonesia kepada masyarakat yang didasarkan oleh 4 pilar utama yaitu Pendidikan, kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Saat ini, di Indonesia sudah terdapat 77 program Kampung Berseri Astra di Indonesia, yang sudah dijalankan maupun yang dalam tahap perencanaan dan pengerjaan program. Salah satu kota yang ditujuk oleh Astra adalah kota Pontianak, yaitu Kampung Astra Berseri/ KBA Sungai Jawi, kec. Sui Jawi, Komplek perumahan Margodadi Rejo 2, Rw 16,22 dan 23 yang dibangun pada tahun 2016. 
Kampung Berseri Astra Pontianak
Mural di Kampung Berseri Astra Pontianak dengan tema ikon Kota Potianak
Harapan yang ingin dicapai dengan adanya program Kampung Berseri Astra ini adalah mewujudkan kolaborasi antara perusahaan Astra dan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan wilayah perumahan yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Sehingga sehingga kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut bisa ditingkatkan. 

Bagaimana cara Astra mewujudkan program Kampung Berseri Astra?

1. Mural di tembok KBA Pontianak

Jika kita melewati jalan di KBA Pontianak ini, kita akan meyaksikan pemandangan mural-mural dengan tema ikon kota Pontianak seperti Jembatan Kapuas, Tugu Bambu Kuning Digulis, Tugu Khatulistiwa, Mesjid Jami, Istana Khadariah, Gereja Katedral Santo Yoseph, Mesjid Raya Mujahidin, jembatan Tayan, dan ikon lainnya seperti foto saya di atas. Mural ini dilukis secara ertistik di tembok lapangan sepak bola yang terdapat di Kampung Astra. Selain menambah keindahan komplek, lukisan ini juga membuat kesan 'segar' pada jalan yang kita lewati dan mengingatkan kita pada tempat-tempat penting dan bersejarah di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat. 

2. Kewirausahaan KBA Pontianak

Kampung Astra Pontianak juga membantu mereka yang ingin membuka wirausaha. Warga diberi alat produksi usaha plus bimbingan untuk melakukan usahanya. Contohnya usaha rengginang dan Opak Indah (merek) berbahan dasar ubi oleh Pak Marwadi dan istrinya, Ibu Ponirah. Opak ini diproduksi dengan berbagai varian rasa seperti balado, pedas manis, barbeque, jagung bakar dan jagung manis.Opak dan rengginang dijual di pasaran dan memiliki profit yang lumayan.
Sumber gambar : http://sitimustiani.com

Denah dan Siskamling Komplek Kampung Astra

Tidak mengejutkan kalau kita pergi ke sebuah komplek perumahan yang baru pertama sekali kita kunjungi, kadang kita idak menemukan jalan pulang. Apalgi bagi orang yang memiliki kecerdasan spasial yang kurang seperti saya. Di Kampung Astra dibangun denah komplek untuk memudahkan penjelajahan Kampung Astra. Denah ini diletakkan di depan pos siskamling. 
Semangat Kampung Berseri Astra Pontianak

Ada juga program pendampingan Posyandu untuk pemberian vitamin dan imunisasi pada anak-anak. Tidak sampai di sana, di Kampung Astra Pontaianak, pendampingan pada sektor pertanian juga dilakukan. Dengan adanya kebun Toga Margo Indah. Hanya saja masih dalam skala kecil. 

Dipasang juga spanduk-spanduk yang mengingatkan kita untuk selalu mencegah kecelakaan berkendaraan seperti himbauan memakai helem, berkendara tidak melewati kecepatan maksimal yang ditentukan, untuk selalu mengambil jalur kiri, dan himbauan lainnya. Di mana Astra berpenran sebagai Pelopor Safety Riding. 
Sumber: Blogsteguh

Kekurangan Kampung Astra Pontianak

Menurut saya, Kampung Astra Pontianak harus memiliki satu papan informasi yang memuat kontak person penanggung jawab Kampung Astra. Sehingga mempermudah pencarian informasi terkait kampung astra. Jadi bagi mereka yang tertarik meliput Kampung Astra, memiliki sumber terpercaya.

Semoga hadirnya Kampung Astra Berseri di Pontianak menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan yang bersih dan sehat agar kita sebagai penduduknya 'berseri' tinggal di komplek yang aman dan berseri. 

2 comments:

  1. Program ini cocok banget diterapkan di desa Tegowanu Wetan

    ReplyDelete
  2. Seru yaaa kampung astra yang ada di pontianak :D

    ReplyDelete